Jumat, 27 September 2013

4 Langkah Percepat Penjualan

Para pebisnis pasti menginginkan penjualan yang maksimal sehingga peningkatan profit yang besar dapat dicapai. Tentunya, diperlukan strategi yang baik untuk mewujudkan hal tersebut. Anda memerlukan tim penjualan yang mumpuni.

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mempercepat penjualan:

  1. Tawarkan produk yang bisa terjual cepat. Membangun relasi dengan pelanggan baru dengan cepat menjadi tantangan tersendiri bagi tim pemasaran. Hal itu bisa dikembangkan dengan cara menambahkan produk sederhana yang dengan mudah cepat terjual. Produk ini merupakan produk yang dibutuhkan semua orang dan menambah nilai bagi penggunanya. Sasaran pelanggannya pun tidak harus sasaran target yang telah ditetapkan sebelumnya dan tidak harus memiliki nilai ekonomi lebih bagi perusahaan. Dengan begitu, mereka akan memberi apresiasi terhadap produk serta brand Anda, dan bisa menjadi pelanggan setia Anda di kesempatan berikutnya.
  2. Jangan lupakan pelanggan lama. Mencari pelanggan baru jelas menjadi kewajiban. Namun jangan lupakan bahwa Anda pun pasti punya pelanggan lama. Momen pencarian pelanggan baru juga pasti disertai dengan target penjualan ke pelanggan lama. Jadi, tetap fokuskan pada pelanggan lama yang sudah dengan baik mengenal produk Anda dan pastinya membeli lebih banyak.
  3. Kembangkan strategi kompetitif. Seberapapun hebat produk Anda, kompetisi tetap punya cara mengurangi nilainya. Jangan karena merasa sudah bagus, Anda lupa diri. Kembangkan strategi kompetitif, sebuah cara yang membuat kompetitor sulit mengurangi nilai produk Anda. Contoh, produk Anda mungkin ditiru oleh kompetitor. Lakukan pengembangan produk Anda dengan beberapa penambahan. Walau pengembangannya kecil, setidaknya konsumen tahu mana produk Anda dan mana yang bukan.
  4. Cocokan produk dengan tim penjualan. Perusahaan Anda mungkin memiliki produk dari A sampai Z. Tiap produk pasti memiliki tim penjualan tersendiri, produk A menjadi keahlian sales team A dan seterusnya. Namun jangan merubah keahlian tim penjualan yang telah ahli di bidangnya masing-masing. Misal, sales team A tiba-tiba harus menjual produk B. Hal itu jelas akan menurunkan penjualan karena tim A tidak ahli menjual produk B. Terdengar seperti sesuatu yang biasa, namun hal-hal dasar itu kerap menjadi kesalahan yang dilakukan sebuah perusahaan. (as)

0 komentar:

Posting Komentar